'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sosialisasi Tata Kelola Sampah menurut Islam
24 Januari 2023 19:53 WIB | dibaca 33

 

JEPARA- Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Muhammadiyah 01 Keling mengadakan pelatihan dasar kaderisasi ( LDK) selama dua hari yaitu sabtu- Ahad, 21 -22 /01/ 2023 M, 29-30 Jumadil Akhir 1444 H, di aula kegiatan lantai 2 gedung utama SMK Muhammadiyah 01 Keling. 

Dengan tema " Menciptakan kader kreatif, bertanggung jawab , Intelektual dan siap memimpin masa depan".

Ketua panitia, Zulza kelas 12 OTKP 2 arahkan anggota panitia LDK untuk bergegas ambil bagian di masing- masing tugas tiap personil. Seperti halnya sekretaris Zuniati menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan LDK ini adalah pembentukan karakter kader dalam penerapan nilai- nilai dasar pergerakan dan perjuangan ikatan, sebagai proses dasar - dasar ke -IPM an dan Kemuhammadiyahan serta proses transformasi kesadaran keimanan dan keislaman kader dalam kehidupan sehari- hari mulai dari pribadi, kelompok dan di masyarkat. 

Hadir dalam kegiatan ini di hari pertama sebagai pembukaan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 01 Keling Rahmad Taufiq Isnaini, penasehat sekaligus waka kesiswaan Agung Susilo, panitia IPM 19 orang, peserta dari perwakilan perkelas X 5 orang sejumlah 9 kelas, total 45 siswa. 

Absensi dihari kedua, Penasehat/ waka kesiswaan, peserta 27 siswa dengan 2 pemateri dan 19 orang panitia. 

Dalam penyampaian materi pertama pembinaan akhlak oleh guru Pendidikan agama islam sekaligus wali kelas Xll TBSM 2 Subiyani dan pemateri kedua sosialisasi bank sampah tata kelola sampah menurut islam oleh kader lingkungan sekaligus guru Bimbingan dan Konseling Kusnitah. 

Sebagai kader dimasa mendatang dengan adanya pelatihan ini diharapkan calon generasi penerus bangsa bisa mempraktikan dan mengurangi sampah dengan mengurangi timbunan sampah, siap mendaur ulang, memilah sampah dengan benar. 

Rasulullah bersabda tentang bagaimana sebuah kegiatan yang sederhana menjadi sebuah sedekah, di dalam hadisnya: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabdaSetiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya. Kamu mendamaikan di antara dua orang adalah sedekah. Kamu membantu seseorang untuk menaikkannya di atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya di atasnya adalah sedekah. Kalimat yang baik adalah sedekah, pada tiap tiap langkah yang kamu tempuh menuju shalat adalah sedekah. Dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Dan di dalam hadis lain Rasulullah bersabda “Setiap kebaikan adalah sedekah” (HR. Bukhari). Memungut sampah bisa menambah nilai.

 

Kontributor Kusnitah

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari